Selasa, 02 Agustus 2016

CARA TERBENTUKNYA GAMBUT

    


  
     Tumbuhan yang telah mati tidak semuanya dapat menjadi gambut. Untuk terbentuknya gambut, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi yaitu :

  1. Terdapat lahan yang berada pada kondisi rawa dengan iklim yang memungkinkan untuk berkembangnya tumbuh-tumbuhan. Rawa mempunyai pengertian tidak terjadi sirkulasi air sehingga mengakibatkan kandungan oksigen dalam air menjadi rendah. 
  2. Timbunan tumbuhan yang telah mati mengalami proses dekomposisi dan pemadatan secara terus-menerus dan berkesinambungan. 
  3. Terdapat kondisi yang lembab dan memungkinkan keluarnya udara (oksigen) dari timbunan tumbuhan. Akumulasi bakteri anaerob yang cukup banyak dalam air akan tetapi, kondisi perairan yang asam akan berakibat terhalangnya bakteri anaerob bereaksi (mengurai) timbunan tumbuhan yang telah mati. 
  4. Terjadinya penurunan dasar rawa memungkinkan material tumbuhan dapat terendapkan lebih banyak dan makin tebal. 
  5. Tidak terjadi pengendapan material sedimen hasil proses erosi daerah sekitarnya secara terus-menerus. 
  6. Segera terjadi proses biokimia, yaitu proses penghancuran oleh bakteri anaerob terhadap sisa tumbuhan sehingga terbentuk jel seperti agar-agar yang kemudian disebut jelly.
     Bakteri anaerob adalah bakteri yang mampu hidup di air yang kurang atau tidak mengandung oksigen, yaitu pada air kotor antara lain daerah rawa-rawa. Bakteri akan menguraikan bahan sisa tumbuhan, hasil proses biokimianya adalah terbentuknya jelly yang merupakan bahan pembentuk lapisan gambut yang lama kelamaan dapat menjadi batubara.
     Menurut hasil penelitian yang relevan untuk membentuk gambut setebal 1 feet, diperlukan waktu kurang lebih 100 tahun. Kadang-kadang dalam suatu lapisan gambut bahkan dalam lapisan batubara biasanya dijumpai adanya struktur kayu yang masih tampak jelas dan utuh. Hal ini terjadi kerena selama proses pembentukan gambut bakteri anaerob tidak bekerja sempurna. Bakteri anaerob tidak dapat bekerja secara sempurna karena bakteri tersebut terkena racun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar