Kamis, 16 Juni 2016

PENCEMARAN AIR AKIBAT AKTIVITAS PENAMBANGAN


A.    CIRI-CIRI AIR YANG TERCEMAR
Ada beberapa ciri-ciri air yang tercemar, diantaranya
1.       Ciri fisik indikator air tercemar
a). Sebagian besar terdiri dari air dan sebagian kecil terdiri dari partikel dan suspensi
b). Berwarna suram
c). Sedikit berbau
2.      Ciri Kimia 
a).  Mengandung campuran zat kimia organik dari penguraian tinja, urin, dan sampah lain dan anorganik yang berasal dari air bersih
 b). Bersifat basa sewaktu masih baru dan lama-kelamaan akan berubah menjadi berbau asam saat mulai membusuk.
3.      Ciri Bakteriologis             
            a)   Terdapat mikroorganisme patogen dan mikroorganisme golongan coli
 
B.       PENYEBAB AIR TERCEMAR
Banyak hal-hal yang menyebabkan adanya pencemaran air terutama dalam dunia pertambangan, diantaranya: 
1.   Bahan Buangan Padat
Bahan buangan padat adalah bahan buangan yang berbentuk padat, baik yang kasar maupun yang halus, misalnya sampah. Buangan tersebut bila dibuang ke air menjadi pencemaran dan akan menimbulkan pelarutan, pengendapan ataupun pembentukan koloidal.
2.    Bahan buangan organik dan olahan bahan makanan
Bahan buangan organic umumnya berupa limbah yang dapat membusuk atau terdegradasi oleh mikroorganisme, sehingga bila dibuang ke perairan akan menaikkan populasi mikroorganisme.
3.    Bahan buangan anorganik
Bahan buangan anorganik sukar didegradasi oleh mikroorganisme, umumnya adalah logam. Apabila masuk ke perairan, maka akan terjadi peningkatan jumlah ion logam dalam air. Bahan buangan anorganik ini biasanya berasal dari limbah industri yang melimbatkan unsur-unsur logam seperti timbal (Pb), Arsen (As), Magnesium (Mg), dll.
4.    Bahan buangan cairan berminyak
Bahan buangan berminyak yang dibuang ke air lingkungan akan mengapung menutupi permukaan air. Jika bahan buangan minyak mengandung senyawa yang volatile, maka akan terjadi penguapan dan luas permukaan minyak yang menutupi permukaan air akan menyusut. Penyusutan minyak ini tergantung jenis minyak dan waktu. Lapisan minyak pada permukaan air dapat terdegradasi oleh mikroorganisme tertentu, tetapi membutuhkan waktu yang lama.
5.    Bahan buangan berupa panas
Perubahan kecil pada temperatur air lingkungan bukan saja dapat menghalau ikan atau spesies lainnya, namun juga akan mempercepat proses biologis pada tumbuhan dan hewan bahkan akan menurunkan tingkat oksigen dalam air. Akibatnya akan terjadi kematian pada ikan atau akan terjadi kerusakan ekosistem.
6.    Bahan buangan zat kimia
Dalam pertambangan sering terjadi pengeboman dengan menggunakan bahan-bahan kimia. Di laut, sering terjadi kebocoran tangker minyak karena bertabrakan dengan kapal lain. Minyak yang ada di dalam kapal tumpah menggenangi lautan dalam jarak sampai ratusan kilometer. Ikan, terumbu karang, burung laut dan hewan-hewan laut banyak yang mati karenanya. Untuk mengatasinya, polutan dibatasi dengan pipa mengapung agar tidak tersebar, kemudian permukaan polutan ditaburi dengan zat yang dapat mengurai minyak.
 
C.     DAMPAK PENCEMARAN AIR AKIBAT KEGIATAN PERTAMBANGAN
Pencemaran air berdampak luas, misalnya dapat meracuni sumber air minum, meracuni makanan hewan, ketidakseimbangan ekosistem sungai dan danau, pengrusakan hutan akibat hujan asam, dan sebagainya. Di badan air, sungai dan danau, nitrogen dan fosfat (dari kegiatan pertanian) telah menyebabkan pertumbuhan tanaman air yang di luar kendali (eutrofikasi berlebihan). Ledakan pertumbuhan ini menyebabkan oksigen, yang seharusnya digunakan bersama oleh seluruh hewan/tumbuhan air, menjadi berkurang. Ketika tanaman air tersebut mati, dekomposisi mereka menyedot lebih banyak oksigen. Sebagai akibatnya, ikan akan mati, dan aktivitas bakteri menurun. Dampak pencemaran air pada umumnya dibagi atas 3 kelompok, yaitu :  
1. Dampak terhadap kehidupan biota air
2. Dampak terhadap kesehatan
3. Dampak terhadap estetika lingkungan
1)    Dampak terhadap kehidupan biota air
Banyaknya zat pencemaran pada air limbah pabrik akan menyebabkan menurunnya kadar oksigen terlarut dalam air tersebut. Sehingga mengakibatkan kehidupan dalam air membutuhkan oksigen terganggu serta mengurangi perkembangannya. Akibat matinya bakteri-bakteri, maka proses penjernihan air secara alamiah yang seharusnya terjadi pada air limbah juga terhambat. Panas dari industri juga akan membawa dampak bagi kematian organisme, apabila air limbah tidak didinginkan terlebih dahulu.
2)   Dampak terhadap kesehatan
Peran air sebagai pembawa penyakit menular bermacam-macam antara lain :
  • Air sebagai media untuk hidup mikroba pathogen,
  • Air sebagai sarang insekta penyebar penyakit,
  • Jumlah air yang tersedia tidak cukup, sehingga manusia bersangkutan tak dapat  membersihkan diri, 
  • Air sebaga media untuk hidup vector penyakit.
3)    Dampak terhadap estetika lingkungan
Dengan semakin banyaknya zat organik yang dibuang ke lingkungan perairan, maka perairan tersebut akan semakin tercemar yang biasanya ditandai dengan bau yang menyengat disamping tumpukan yang dapat mengurangi estetika lingkungan. Masalah limbah minyak atau lemak juga dapat mengurangi estetika lingkungan.
D.    UPAYA PENANGGULANGAN PENCEMARAN AIR PADA KEGIATAN PERTAMBANGAN
Untuk mencegah agar tidak terjadi pencemaran air akibat pertambangan, hendaknya kita tidak menambah terjadinya bahan pencemar antara lain tidak membuang sampah-sampah, limbah industri secara sembarangan, tidak membuang ke dalam air sungai, danau ataupun ke dalam selokan. Tidak menggunakan bahan kimia secara berlebihan, karena penggunaan bahan kimia yang berlebihan akan mencemari air. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencega pencemaran air dalam pertambangan, diantaranya:
1.      Mengadakan sosialisasi kepada semua karyawan dalam perusahaan tentang pentingnya   menjaga kebersihan lingkungan tambang
2.      Pengolahan limbah pabrik yang akan dibuang
3.      Mengadakan penghijauan di sekitar lokasi penambangan
Pengolahan limbah 
Limbah industri sebelum dibuang ke tempat pembuangan, dialirkan ke sungai atau selokan hendaknya dikumpulkan di suatu tempat yang disediakan, untuk diolah sebelum dibuang. Sampah padat dari rumah tangga berupa plastik atau serat sintetis yang tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme dipisahkan, kemudian diolah menjadi bahan lain yang berguna, misalnya dapat diolah menjadi keset. Sampah organik yang dapat diuraikan oleh mikroorganisme dikubur dalam lubang tanah, kemudian kalau sudah membusuk dapat digunakan sebagai pupuk.
Melestarikan hutan
Melestarikan Hutan di Hulu Sungai. Agar tidak menimbulkan erosi tanah di sekitar hulu sungai sebaiknya pohon-pohon atau pepohonan tidak digunduli atau ditebang atau merubahnya menjadi areal pemukiman penduduk. Dengan adanya erosi otomatis akan mambawa tanah, pasir, dan sebagainya ke aliran sungai dari hulu ke hilir yang sehingga menyebabkan pendangkalan sungai. Pengenceran dan penguraian polutan air tanah sulit sekali karena airnya tidak mengalir dan tidak mengandung bakteri pengurai yang aerob, jadi air tanah yang tercemar akan tetap tercemar dalam waktu yang lama, walau tidak ada bahan pencemaran yang masuk. Oleh karena itu banyak usaha untuk menjaga agar tanah tetap bersih, misalnya:
a.     Menempatkan daerah industri atau pabrik jauh dari daerah pemukiman atau perumahan
b.    Pembuangan limbah industri diatur sehinga tidak mencemari lingkungan atau ekosistem
c.     Pengawasan terhadap penggunaan jenis- jenis pestisida dan zat – zat kimia lain yang dapat menimbulkan pencemaran
d.    Memperluas gerakan penghijauan
e.     Tindakan tegas terhadap perilaku pencemaran lingkungan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar