Sabtu, 16 Juli 2016

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PENGGUNAAN KOMPAS GEOLOGI UNTUK MENGUKUR STRIKE DAN DIP



  1. Siapkan kompas geologi
  2. Pegang sisi kompas geologi yang ada tulisan W dengan tanda tangan kanan, dan buka tutup kompas perlahan-lahan.
  3. Terlihat sisi kompas yang ada tulisan huruf N, berada di bagian sisi yang menjauh dengan pemakai, dan sisi yang ada tulisan huruf S berada di bagian yang mendekati pemakai. 
  4. Cari dan bersihkan permukaan bagian atas perlapisan batuan yang akan diukur strike dan dip-nya. Apabila kemiringan perlapisan batuan lebih kecil 10maka akan sulit menentukan arah kemiringan. Anda tidak perlu khawatir, ada cara tepat untuk mengatasi hal tersebut. Caranya : tuangkan beberapa tetes air secara perlahan-lahan dipermukaan lapisan batuan yang akan diukur besaran jurus (strike) dan kemiringannya (dip). Arah aliran air merupakan arah kemiringan batuan.
  5. Pegang kompas geologi pada bagian sisi kanan yang tertulis huruf W, kemudian tempelkan bagian sisi pinggir badan kompas yang ada tulisan E pada permukaan perlapisan batuan. Pilih kedudukan kompas sedemikian rupa sedemikian rupa sehingga gelembung udara pada niveao tabung berada di tengah-tengah. Tandai dengan goresan pada permukaan lapisan batuan mengikuti bagian pinggir badan kompas yang bersinggungan pada bagian permukaan lapisan batuan, kemudian baca besaran nilai arah jurus (strike) perlapisan batuan, misalnya ujung jarum kompas (yang menunjuk arah N) menunjukan pada angka N 450 E. Tempatkan pinggir sisi badan kompas tegak lurus pada garis yang telah digores pada bidang perlapisan untuk mengukur besaran nilai kemiringan (dip), misalnya diperoleh besaran nilai 600. Plot-kan besaran nilai strike tersebut pada peta kerja berdekatan dengan letak titik pengamatan, kemudian buat garis tegak lurus ditengah-tengah panjang garis strike. Pada peta lapangan dan pada peta geologi arah garis strike digambar dengan mengikuti besaran strike dengan memakai busur derajat. Demi estetika penggambaran, disarankan panjang garis untuk menggambarkan dip ini kurang lebih 1/4 panjang garis untuk menggambar strike. Panjang garis sebagai identitas strike tidak ada batasan ukuran yang baku, tetapi dipilih sedemikian rupa sehingga masih tampak jelas dan peta topografi yang dihasilkan tampak rapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar